Selasa, 23 Juli 2013

Catatan Harian#1 :: Behind of MAKESTA SMP Ma'arif 1 Ponorogo (Day 1)

Yang nulis Unknown di 7/23/2013 09:28:00 AM

Bismillahirrahmanirrahim....

Pelaksana: Pimpinan Anak Cabang IPNU-IPPNU Kec. Ponorogo
Waktu: Tanggal 16 - 20 Juli 2013
Tempat: SMP Ma'arif 1 Ponorogo
Partisipan: Peserta Didik Kelas IX SMP Ma'arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2013/2014

Day One [16 Juli 2013] :: Technical Meeting

What happened with our MAKESTA? Nothing. Cuman lucu aja. :D

MAKESTA, Masa Kesetiaan Anggota, adalah satu tahap paling bawah dari bentuk pelatihan dan pengkaderan yang ada di kalangan organisasi IPNU-IPPNU. Sebagaimana layaknya pengkaderan yang lain [baca: MOS, orientasi pengenalan sekolah, dll.] sebelum MAKESTA dilaksanakan, ada yang namanya technical meeting, yang bertujuan untuk pengenalan singkat dan penjabaran gambaran kegiatan.

Mmm..., aku bukan mau mengulas soal tetek bengek MAKESTA, tapi sekadar cerita tentang ada apa di balik MAKESTA yang aku handel ini [cuma jadi salah satunya aja :3]. Ini adalah kali pertama aku mengurus even gede yang sebagaimana telah disebut, MAKESTA. Sebelum hari ini tiba, jauh-jauh hari kami [panitia] telah membicarakan dengan panjang x lebar = luas [emang persegi panjang -_-] perihal even ini. Maklum, keanggotaan kami baru terbentuk setelah vakum satu generasi. Sebagai orang baru dengan program kerja pertama yang nggak kecil juga, maklum dong kalau kami mau give the best. :) *tepoktangan*plokplokplok

Mungkin karena baru juga dan belum punya banyak pengalaman, banyak banget kejadian miscomunication antar panitia [maklum aja ya. Yang udah purna juga pada sering gitu :P].

Jutek
Kesan pertama ketika bertemu dengan para partisipan saat technical meeting adalah sifat jutek dan bandel [minta ampun *ampuuunnn*]. Nggak tahu kenapa, tapi aku makluuummm banget [lumer :3]. Yah, mau dibilang alay bin lebay, nggak juga kali ya. Kesannya itu kayak aku [as panitia at all] ngawinin bokapnya dan ada kilatan di matanya kayak bilang, "Jangan harap lho bisa jadi enyak gue." Uuuhhh.... [tanpa pencitraan*mungkin sedikit ^^v] So, yang terjadi adalah kurang diperhatiin sama cewek-ceweknya. Seolah, "Lu selingkuhin pacar gue. I hate you." Dan, cowok-cowoknya bener perhatian, tapi bikin rusuh iya. Pakek bilang, "Abis kamu mbak pulang dari sini." [saking ramenya nggak bisa dihendel]

Mungkin kronologi sebenarnya adalah seperti ini:
Sebagaimana kebanyakan pengkaderan dan orientasi yang dikenal di Indonesia, penuh dengan warna peloncoan partisipan-partisipannya. Sebagai langkah kuda-kuda, mereka pasang bendera, "Let's fight! You're my enemy" [bener nggak ya english-nya*masa bodo]

Hal terburuk yang terjadi saat acara TM ini adalah bahwa di antara lima panitia yang hadir [aku, Sibe, Takek, Ely, Mbak Nishak], akulah yang handing room. Ngenes nggak sih [lebay -_-]. Karenanya, aku bawel aja waktu isi suara [nyrocooosss terus]. Aku bilang bahwa berhubung puasa, kita akan asyik-asyikan aja ngejalanin nih MAKESTA [ngeredam suasana*lah]. Dan alhasil, not bad. :)

Narsis
Ini nih salah satu miscomunicating yang terjadi di lapangan. TM waktu itu juga diisi dengan pembacaan tata tertib MAKESTA dan survival yang harus di bawa. One of them, adalah membuat ID card dari kertas karton dengan ditempeli foto paling narsis. Daaannn, ketika itu dibacakan, serentak pada syok [panitianya juga --"]. Ini nih gara-gara tatibnya lupa dirapatkan [buruk banget :(]. Aku sih nggak berpikir jauh-jauh dengan apa yang disampaikan Ely ini dan menganggapnya maklum. Nasi telah menjadi bubur. Semua sudah terlanjur keluar, kalau mau diralat banyak-banyak ntar ketahuan panitianya nggak persiapan lagi.

Yang buruk dari insiden ini adalah efeknya total banget di kemudian hari dan oh Tuhan, ntar aja ceritanya. Hiks :'(

Begitulah sedikit cerita di hari TM. Setelah pembacaan tatib selesai, muncullah generasi Bani Israel yang banyak tanya. "Kak, rok itemnya mexi boleh?" "Ada bordirnya gpp ya, Kak?" "Kak, motto hidup itu apaan sih?" "Kak, nggak pakek sabuk napa, Kak?" [eh, pakek nawar segala] "Kak, nggak punya baju putih lengan panjang." [Hellooo, it's not my bussiness]. Oh dear,.... Dan, akhirnya acara ini diakhiri dengan kebawelan para partisipan yang ngrengek minta cepet pulang [ampuuunnn].

Sampai jumpa di cerita Day Two! ^^

3 komentar :

 

Griyo Ma Ziyya Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea